Skripsi .. Thesis .. or Whatsoever You May Call This !!

Mari menulis sesuatu yang bersifat curhat dan sampah (edited based on the suggestion by rizalfikry) sekali - kali hahah ... Setelah tiga jam duduk dan mengetik di depan layar komputer saya pun menyerah. Saya memasang status di twitter:
Sudah buntu ... tak ad ilham... drpd nggambleh nulis ngga ceto sudhi saja tuk malam ini besok lagi hhh :D #alonalonwatonkelakon
Yah, proses menulis skripsi adalah proses terakhir untuk lulus dari bangku kuliah perguruan tinggi tingkat Sarjana di Indonesia. Yah, Indonesia memang berbeda dengan katakanlah Amerika (ya iyalah -__-" hahaha). Di sana, mahasiswa yang mengambil tingkat bachelor atau sarjana tidak diharuskan menulis skripsi. Yang menulis skripsi adalah siswa yang mengambil program honors. Setidaknya itu yang dikatakan pembimbing skripsi saya dan pada akhirnya saya ketahui juga setelah tanya beberapa teman Amerika ketika berada disana.


Menulis skripsi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan banyak mahasiswa lama dalam proses ini? Banyak mahasiswa brilian yang malah tertahan di proses ini. Beberapa hambatan mungkin berawal dari dalam si penulis sendiri. Berikut ini hambatan dari dalam DIRI saya sendiri, dalam urutan yang paling berpengaruh:

1) RASA MALAS !!!
Ini hambatan utama dalam penulisan skripsi. Sering kali, saya dalam sehari hanya menulis beberapa halaman, paragraf bahkan tidak  menulis sedikitpun hanya karena rasa malas dan bosan duduk berlama - lama di depan komputer. Mungkin, bagi pembaca yang belum mulai menulis skripsi, belum bisa memahami bagaimana mungkin rasa ini  muncul. Well, you will know when your time comes.

2) KESIBUKAN LAIN atau MENGADA-ADAKAN KESIBUKAN
Hambatan kedua datang dari kesibukan kita. Pernah dalam dua bulan saya tidak menulis selembar pun!!! Satu bulan karena banyak event international dimana saya bekerja di dalamnya, satu bulan karena dapat beasiswa, mungkin beberapa minggu sesudahnya saya merasa capek dan butuh istirahat. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang, dalam menulis ini pun saya menyadari betapa banyaknya waktu yang saya sia sia kan. Dan yang cukup sering saya lakukan adalah mengada-adakan kesibukan. Maksudnya apa? Misal... saya sudah stand by duduk, lalu saya melihat meja saya berantakan, kasur, lantai dan kamar sangat kotor. Sebenarnya saya bisa bersih - bersih keesokan harinya tapi malah membersihkannya dan menunda menulis. Hahaha -____-"

3) TAK ADA ILHAM
Tak ada inspirasi untuk menulis. Kalau sedang tak ada inspirasi biar sudah duduk 4 jam juga tak bakal mulai menulis sekata pun.

4) PERFEKSIONIS
Orang yang mengenal saya, pasti tahu kalau saya adalah orang yang super perfeksionis. Sering kali, setelah saya baca garapan saya sendiri, saya merasa tidak puas dan merasa ragu ingin menyerahkan ke pembimbing saya. Jadi saya garap lagi, ulang sini, ulang sana. Well, that's me.

Mungkin setelah mengakui hal-hal negatif dari diri saya, saya bisa mulai melepaskannya satu demi satu. Hahah..

sekian post ngejunk ini... Kalau ada yang mau menambahkan daftar diatas silakan hahaha -___-

Comments

  1. Berbagi itu indah dan ini bukan sampah,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  2. berbagi itu indah dan bukan sampah.........[2]

    yang nomor 1 itu lho hambatan terbesar... rasa malas!!! -_-"

    ReplyDelete
  3. malasfeksionis qi -__-"
    ayo berjuang!!

    ReplyDelete
  4. rasa malas itu musuh besar bagi kita, FIGHT! iku penyakit kumatan tenan og....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Why Bad Reviews Don’t Stop Me from Watching X-Men: Apocalypse

Movie Review | Stream of Tears in Wedding Dress

Kung Fu Panda 2 | Movie Review