Wanita Korea yang "Perkasa"

Hari ini, serial drama korea Dong Yi yang ditayangkan oleh Indosiar berakhir. Besok, serial The Great Queen Soendoek akan ditayangkan ulang. Dulu, stasiun televisi yang sekarang memfokuskan diri pada drama asia ini menayangkan serial Jewel in the Palace. Kalau dilihat, Korea (dalam hal ini yang dimaksud adalah Korea Selatan) memang sering membuat produk serial kolosal yang menayangkan wanita Korea yang mampu meraih status tertinggi di masyarakat pada zaman dahulu kala.

Dong Yi, selir kesayangan Raja Sukjong  
Ketiga serial ini (Dong Yi, The Great Queen Soendoek dan Jewel in the Palace) berdasar pada sejarah yang benar – benar terjadi di Korea. Ketiga tokoh utama yang ada di serial tersebut nyata. Dong Yi, mengkisahkan seorang wanita dari kelas rakyat jelata yang mampu menjadi selir istana kesayangan raja. Namun, di akhir hidupnya, ia memilih untuk tinggal di istana, mengabdikan hidupnya untuk rakyat jelata.
The Great Queen Soendoek mengisahkan perebutan tahta di kerajaan Shilla antara seorang selir raja (Lady Mishil) yang ingin menjadi raja dengan putri kembar sang raja, putri Deokman. Kedua sosok wanita di film ini
digambarkan sebagai sosok wanita yang sangat kuat dan disegani oleh semua pihak. Sementara itu, Jewel in the Palace, mengisahkan Jang Geum yang mencoba untuk menjadi dayang di bagian dapur istana hingga pada akhirnya malah menjadi tabib wanita tertinggi khusus untuk raja. Jang Geum pada akhirnya harus melarikan diri dari istana karena ingin melakukan pembedahan pada tubuh raja.Tabi-tabib pria yang merasa ‘tersaingi’ oleh seorang wanita menganggapnya sebagai hal yang tak masuk akal dan menuduh Jang Geum ingin membunuh raja.

Lady Mishil (kanan) berebut tahta dengan Putri Deokaman (kiri)
Banyak yang bisa kita tangkap dari ketiga serial bagian produk budaya popular Korea ini. Saya sering bertanya, mengapa Korea sering memproduksi serial kolosal (yang bertema jaman dahulu) yang mengekspos kisah wanita yang menjadi “ikon” di jamannya? Mishil dan Deokman hidup pada tahun 400-600 Masehi. Dong Yi hidup pada tahun 1700-an Masehi. Jang Geum hidup pada tahun 1400-an Masehi. Dari hal ini, Korea sepertinya ingin mengatakan bahwa sejak dahulu kala, wanita Korea sudah memulai ‘women’s movement’ dimana di dunia barat terjadi pada tahun 1800an (di Amerika). Ketiga drama Korea ini sepertinya ingin menunjukkan bahwa wanita Korea lebih ‘maju’ beberapa ratus tahun dari wanita Amerika, mengingat kedua negara ini sama-sama sedang bertarung dalam globalisasi. Dari ketiga serial ini saya bisa menyimpulkan bahwa Korea ingin mengekspor ideologi bahwa wanita di Korea dianggap lebih ‘equal’ daripada wanita di belahan bumi barat.
Jang Geum, sosok legendaris yang menjadi tabib wanita khusus raja pertama
Ketiga serial drama ini sama-sama merepresentasikan sosok wanita yang “kuat”. Kuat disini tidak diartikan sebagai sosok wanita yang pandai berkelahi namun tetap manis seperti Buffy atau wanita yang berpawakan ‘maskulin’ seperti pada sosok Xena. Dong Yi, Jang Geum, Mishil dan Deokman saya anggap kuat, karena mereka menentang budaya patriarki di lingkungan mereka. Mereka tidak pandai berkelahi namun masing masing memiliki kecerdasan yang luar biasa, melebihi pria-pria di sekitarnya. Mereka malah menjadi pusat dari grup mereka, menjadi penggerak grup nya. Mereka tidak ditampilkan sebagai wanita yang lemah yang selalu membutuhkan pertolongan. Kalaupun mereka ditolong, itu pun pada saat yang sangat terdesak. Itupun mereka tidak ditampilkan sebagai sosok yang menangis meminta bantuan. Ideologi wanita “kuat” ala Korea inilah pesan selanjutnya yang ingin mereka berikan pada penontonnya.

Hal lain yang coba ditampilkan ketiga serial ini adalah wanita juga bisa berkuasa. Pada era sekarang ini, wanita sering diserang akan ketidakmampuan mereka untuk memimpin. Mereka dituduh kurang memiliki leadership skill. Namun, ketiga serial korea ini ingin menunjukkan bahwa pada zaman dahulu, di Korea sudah ada beberapa tokoh wanita yang malah lebih bisa mempimpin daripada pria. Oleh karena itu, “empowering women” sepertinya menjadi hal yang coba ketiga serial ini berikan.
  
        


                 

Ketiga sosok pahlawan wanita Indonesia yang hanya diingat di buku teks pelajaran dan ritual tahunan

Sebenarnya, masih banyak yang bisa digali dari ketiga serial Korea diatas. Namun yang lebih penting adalah kemampuan kita sebagai bangsa Indonesia untuk berkaca pada produk budaya populer korea ini. Kita juga memiliki banyak tokoh wanita pemimpin, sebut saja R.A. Kartini, Cut Nyak Dien, Dewi Sartika dll. Negara ini mengakui banyak pahlawan wanita namun kita sering kali melupakannya.Kalau Indonesia bisa mengopi “musik boyband korea”, mengapa kita tidak mengopi serial drama kolosal korea ini? Mengapa kita tidak mengangkat cerita para pahlawan wanita ke layar kaca?  Memang sudah ada karya film tentang beberapa sosok ini, namun mereka tidak bisa menjangkau banyak warga. Oleh karena itu, lebih baik dibuat versi layar kaca sehingga lebih banyak yang bisa mengaksesnya. Disamping itu, saya juga yakin, banyak yang setuju dengan saya bahwa rakyat Indonesia ingin tayangan yang lebih edukatif di layar kaca mereka. Semoga saja ada produser televisi yang membaca postingan ini dan tergerak hatinya.

Satu lagi, di postingan ini, saya juga ingin mengatakan bahwa tidak semua produk budaya populer korea yang menjamur ini ‘jelek’. Saya percaya bahwa ‘jelek’ atau ‘bagus’ itu sangat relatif. Tak ada suatu totalitas pada suatu hal. Selalu ada dua sisi dalam suatu hal. Mungkin, serial drama kolosal korea ini bisa dianggap sebagai hal yang ‘bagus’, suatu hal yang positif yang patut dan layak ditiru di dunia budaya populer Indonesia.

Comments

  1. Wah iya,anda benar.saya jg sedang nulis ini,,anda duluan yg posting,hhhh

    Tapi konsep wanita di pop culture korea sdh banyak brubah,dn sinetron kolosal ini menarik krn ada sisi lain dri sejarah para wanita di Korea.

    ReplyDelete
  2. Ini menarik diamati loh, mengapa yang dimunculkan adalah wanita-wanita "perkasa" yang hidup pada zaman dahulu? Sementara pada realitas nya, wanita korea "dituduh" paling gethol melakukan operasi plastik. Ini kan ada kontradiksi dan paradoks. Ini bisa kamu amati hahaha

    ReplyDelete
  3. mas, tulisanmu salah... bukan soendoek tapi seondeok....

    ReplyDelete
  4. aku malah belum liat e.. 2 drama Korea tersebut.. kata tanteku sih bagus..

    yup betul juga, seandainya Indonesia membuat tayangan tentang sosok wanita yg sperti RA Kartini, Cut Nyak Dien, atau Dewi Sartika.. pasti mendobrak dunia pertelevisian Indonesia..

    kapan ya pertelevisian Indonesia bisa menghasilkan serial yg lebih mendidik??? (kita tunggu saja)

    ReplyDelete
  5. dong yi paling bagus,ada 4 kekuatan wanita yang berbeda dan mempengaruhi satu kekuasaan tertinggi yaitu raja pada masanya...bisa diulas lebih detail itu, (dong yi, queen in hyeon, lady jang, queen in won)..terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Why Bad Reviews Don’t Stop Me from Watching X-Men: Apocalypse

Movie Review | Stream of Tears in Wedding Dress

Kung Fu Panda 2 | Movie Review